Perumpamaan Wayang


Salah satu perumpaman yang paling sering dipergunakan ialah perumpamaan wayang. Ini tidak mengherankan, karena gambaran mengenai pertunjukkan wayang yang demikian merakyat dan yang khas dalam kalangan orang Jawa, pasti menarik bagi para pendengar. Selain itu pertunjukan wayang menurut asal mulanya merupakan suatu perbuatan religius; kaitan dengan agama yang sekarang pun kurang lebih masih ada, menjadikan perumpamaan wayang cocok sekali untuk menerangkan hal-hal ilahi.

Sekalipun perumpamaan wayang merupakan suatu gejala yang khas Jawa, namun di lain tempat pun terdapat paralel-paralel. Pantas dicatat, bahwa teks tertua yang menyebut pertunjukan wayang di India, justru merupakan sebuah perumpamaan.

Adapun teks ini sebuah ayat dari Therigatha yang dikutip oleh Pischel dan yang terjemahannya berbunyi sebagai berikut:

"Kau, orang buta, menceburkan diri kepada sesuatu yang tidak ada, sama seperti kau menceburkan diri kepada suatu khayalan yang dipaparkan di hadapanmu... atau kepada suatu pertunjukan bayangan di tengah-tengah keramaian orang."

Dalam kutipan di atas titik persamaan ialah hal-hal yang tidak nyata. Dalam Jnanadeva pertunjukan boneka menggambarkan ketergantungan manusia pada Tuhan.

"Man vainly says that he is the agent of actions. He forgets that he is only an occasional cause.... They are like inanimate puppets in a show. The dolls fall down in a confrrsed fashion, as soon as the string that holds them together is taken away".

Gagasan yang sama dilukiskan oleh Ibnu al-'Arabi dalam Futuhat.

"Barang siapa ingin tahu arti sejati, bahwa Tuhanlah yang berkarya di belakang layar alam ciptaan, hendaknya ia memandang pertunjukan bayangan (khayal) dan bayangan-bayangan (Suwar) yang ditampilkan (sitara) pada layar, lalu memperhatikan siapakah yang berbicara dalam bayangan-bayangan itu menurut hemat anak-anak kecil yang duduk agak jauh dari layar yang dibentangkan antara mereka dan para boneka. Demikian juga bentuk-bentuk dunia ini; kebanyakan orang masih seperti anak-anak. Di sini kita dapat belajar, dari mana asalnya peristiwa-peristiwa yang dibeberkan (di layar). Anak-anak kecil tertawa dan merasa gembira, orang-orang dungu memandang hal-hal itu sebagai banyolan dan senda gurau, tetapi orang-orang bijak berpikir dan mengetahui, bahwa itu semua oleh Tuhan hanya diatur sebagai suatu perumpamaan, agar manusia tahu, bahwa hubungan antara dunia ini dan Tuhannya seperti antara boneka dan dalangnya, lagi pula bahwa layar itu merupakan tirai al-kadar (takdir) yang tak dapat disingkirkan olen siapa pun".

Sebelum Ibnu al-Arabi, Gunaid sudah mengatakan, "supaya hamba di hadapan Tuhan bersikap sebagai sebuah boneka (Sabah)".

Dari sastra Islam di Iran, Horten mengutip teks sebagai berikut:

"Lingkungan dunia ini, tempat kita hidup tanpa kesadaran, digambarkan dalam lampu-lampu di panggung. Matahari yang bersinar serta dunia adalah lampu-lampu, sedangkan kita adalah
boneka-boneka yang hidup dalam cahaya lampu ini tanpa kita mengetahuinya." 


"Dalam bayangan-bayangan yang bergerak dilayar, orang bijak melihat makna yang lebih dalam, yakni bahwa gambaran kehidupan lewat dan lenyap dan bahwa hanya sang dalang yang menggerakkan panggung dunia, tetap ada."


Gagasan pokok yang ditampilkan ialah segala makhluk serba tergantung, tidak lestari, bahkan tidak nyata. Marilah sekarang kita tinjau bagaimana perumparnaan mengenai wayang dijabar kan dalam sastra Jawa. Dalam pupuh-pupuh terakhir Serat Centhini (edisi cetakan) diceritakan, bagaimana Jayengresmi, Jayengraga dan Kulawirya bercakap-cakap dengan tuan rumah, Kidang Wiracapa.

Tuan rumah itu membicarakan wayang, gamelan, tari topeng dan ludruk dan akhirnya wayang. Yang menjadi titik pangkalnya ialah apakah pertunjukan-pertunjukan itu halal atau tidak. Bukankah pertunjukan itu berlawanan dengan hukum agama yang tidak hanya melarang membuat gambaran-gambaran mengenai makhluk-makhluk hidup, melainkan juga memandangnya. Itu memang benar, selama penonton terserap oleh gambar-gambar itu dan tidak melihat lebih jauh. Jejer-jejer wayang lalu menjadi berhala-berhala yang tidak boleh kita pandang (Centhini V,354, "brahala cegah tinonton") dan cerita-cerita dalang lalu tak lain daripada omong kosong dan kebohongan.

Tetapi terdapat cara lain untuk menonton wayang dan itulah yang diterangkan dengan panjang lebar oleh Kidang Wiracapa kepada tamu-tamunya.

Teks (Megatruh)  
(Centini V, 359-367)

2. Kae Kidang Wiracapa lon amuwus,
di ragil Kulawiryeki,
mungguh purna ning pandulu,
susurupan ing aringgit,
kakekate kang binatos.
3. Janmotama karya lejem ing pandulu,
sasmita ning Hyang sejati,
dalang la(n) wayang dinunung,
panganggon Hyang mawarni,
Kk)arya upameng pandulon.

4. Kelir jagad gumelar wayang pinanggung,
asnapun makluk ing Widi,
gedebog bantala wegung,
belencong pandaming urip,
gamelan gending ing lakon.

5. Titah ing Hyang tanpa wilis ing tumuwuh,
kabehe dadya ling-aling,
kang tan olih ing pituduh,
tan mulat ing Hyang sejati,
kandeg warn rupeng kono.

6. Tingalipun dadya bawur bingung lawung,
saking tan wruh ing kejatin,
kesasar ing merga ewuh,
tan wrih sampurneng pangeksi,
pu(r)na ning katon tinonton.

7. Karya lengleng warna ning tulis puniku,
tulis ing tyas wisesa ning,
kersa tan lyan dirinipun,
mengidul ngetan lumaris,
ngalor atanapi ngulon.

8. Ngawiat lan ngandap tengah tan kadunung,
dunung panuksma ning jati,
suksmanen sasmitanipun,
lawan asma ning Hyang Widi,
wangsit ing kersa tan ewoh.

9. Kang tan owah saking datipun Hyang Agung,
wenang mu(r)ba miseseki,
pan lestari purbanipun,
anunggal tan tinunggali,
kasucian ing Hyang Manon.

10. Mahasuci tetep kasucianipun,
urip mulya ning kerseki,
kersa tan kelawan kalbu,
mangun eski dalang luwih,
graita cipta ngon tinon.

11. Asasmita wadine pinareng semu,
tanalyan sakeng pribadi,
mulya ning sasmiteng kayun,
haib ing Hyang kang hakiki,
les ning tan kecambor-cambor.

12. lngaranan kun hidayat ajujuluk,
la takyun wiwinih diri,
saengga dalang awuyung,
tanpa wayang li(ng)lung angling,
tan arsa garap lalakon.

13. Rampung kang carita kakawin aguru,
kang ngundang dereng lumaris,
wus tampi pangopahipun,
wus wisan durung mucuki,
alekas tan bedol kayon.

14. Sakehe kang myarsa miwah kang andulu
yen kinira dalang lungid,
wong pada rarasan kanyut,
kawilut lengleng ningali,
ki dalang adi kinaot.

15. Suwung ing pawayangan rame kelangkung,
lir gerah gamelan muni,
tan ana rupa ning ketuk,
kecer gender rebab suling,
saron gambang kendang kenong gong.

16. Ingulatan ki dalang tana kadulu,
sareng lekas manggung ringgit,
wis antek caritanipun,
ki dalang aneng ing endi,
karipan ingkang anonton.

17. Ia sapa kang ananggap duk ing dangu,
dalang durung manggung ringgit,
jejer ing Jenggala prabu,
ngelaya ngideri bumi,
Jenggalane nut tan adoh.

18. Puniku di ragil lelejem ing ilmu,
panglepasan ing alungid,
ginraita jatinipun,
semu ning dalang lan ringgit,
ywa korup mring kang tinonton.

19. Lir ing basa di ragil puniku wau,
mungguh Hyang kang Mahasuci,
kang minangka dalang luhung,
karya titah ing kiteki,
duk dereng lahir saking bok.

20. Pan wus rampung takdire pastinireku,
begja cilakanireki,
lan dawa cendak ing tuwuh,
cabar tuwas wus binagi,
duk meksih megeng neng gedong.

21. Gedong limput paluyutan ing alimut,
duk lagya wijil ing wiji,
caritanira wus rampung,
samendang tan kurang,luwih,
bijaksana ning Hyang Manon.

22. Hyang Mahagung puniku dalang linuhung,
pangkat lahir ing jasmani,
myang istidlal kang maujud,
dadi ning ringgit neng kelir,
dalang kang murbeng lalakon.

23. Inggih dalang sejati puniku ratu,
kang murba solah ing urip,
kang sineren mring Hyang Agung,
nampeni ayating takdir,
tabiat bawa ning kang wong.

24. Ratu kang minangka wrana ning Hyang Agung,
ratu nut takdir ing Widi,
wus dadya neng lokil makpul,
sang ratu tan anduweni,
drema nyondongi lalakon.

25. Pocapan wus aneng pribadinipun,
sang ratu tan angowahi,
asor luhur ing sedarum,
kang siniksa kang sinung sih,
wewengkon wadya ning katong.

26. Pan wus samya tinakdir kala ning dangu,
pinolah pribadyeng Widi,
wus dadya saderengipun,
pinolah aneng ing kelir,
tinurut dadya lalakon.

27. Pengganjare lan paniksan sang ratu,
kang tinampik kang pinilih,
kang sinaput kang sinertu,
kang rinikat kang linami,
pon wus kersa ning Hyang Manon.

28. Kersa ning Hyang kikis neng kalbu ning ratu,
anungge nunggal pakarti,
titi ning wadya bala gung,
sang sri tan wuk ing pangiksi,
katon kelawan Hyang Manon.

29. Paningal ing ratu maring tantranipun,
lir dadalang myat ing ringgit,
tan kalempit limputipun,
suka sikune sasiki,
geng alit pan wus katonton.

30. Pan ki dalang sejati-jati ning ratu,
sang ratu gentya ning nabi,
nabi gentya ning Hyang Agung,
ratu nabi prasasat ing,
Hyang Mahagung kang kadulon.

31. Kang puniku di ragil Kulawiryeku,
susurupan ing ilmi,
kang mungguh lirahipun,
sarak sarengat ing nabi,
wondening tingkes ing batos.

32. Ing panganggep anggep ing piyambakipun,
dadalang kelawan ringgit,
tanapi gamelanipun,
kolak gedebogireki,
myang kelir lawan belencong.

33. Panwus pupul papal sawiji ning wujud,
dadalang diri ning urip,
urip kang latip puniku,
pan angling ing urip budi,
budi ngling ing dalang manon.

34. Solah tingkah muna muni ning rageku,
puniku jati ning ringgit,
molah neng kelir jagat gung,
pinolah urip ing budi,
raraga nandang lalakon.

35. Kaelokan Hyang Mahagung karya dunung,
panuksma ning rasa jati,
jati ning rasa roh kudus,
nelahi urip ing ringgit,
gending janturan ing lakon.

35. Panuksma ning suksma ring raga puniku,
nuksma ning dalang mring ringgit,
patembayan ing apagut,
ing badan kalawan budi,
tan kena selaya ning ro.

37. Osik ing tyas katampen lahir ing tutuk,
dadya raraga kang angling,
sereng sareh ing pamuwus,
tar wistara ling ing budi,
mung raraga kang miraos.

38. Ing atitah kita puniki kawengku,
ring budi diri ning urip,
punapa kang kita remu,
puniku lakon ing ringgit,
kita piambak katongton.

39. Kang anonton dadya saksi ning tumuwuh,
awon pened ing rageki,
suwur riti ning andulu,
niteni solah ing urip,
samya anandang lalakon.

40. Kang andulu tan andulu dalangipun,
namung ngaeksi riringgit,
sasolah pucapanipun,
surup lir nglinge pribadi,
purba ning dalang tan katon.

41. Pan mako(te)n surup purna ning pandulu......


Terjemahan:

2. Dengan pelahan Kidang Wiracapa berkata, Adikku Kulawirya, mengenai pengertian yang sempurna, arti mendalam dalam pertunjukan wayang, dan kenyataan dalam batin,

3. (maklumlah) oleh manusia sempurna itu dijadikan sasmita (lambang) yang menunjuk kepada Tuhan. Dalang dan wayang diberinya tempat (arti) yang sejati, yaitu sebagai cara menggambarkan bagaimana Tuhan itu bertindak. Orang bijak membuat perumpamaan sebagai berikut:

4. Kelir itu jagad yang kelihatan, wayang-wayang yang ditancapkan di kiri dan kanan menggambarkan golongan makhluk-makhluk Tuhan. Batang pisang ialah bumi. Blencong adalah lampu kehidupan. Gamelan ialah keserasian antara peristiwa-peristiwa.

5. Makhluk-makhluk Tuhan bertumbuh, tak terhitung jumlahnya, tetapi mereka semua menghalangi pemandangan. Manusia yang tidak rnenerima bimbingan tidak melihat Tuhan sesungguhnya, tetapi terkandas dalam rupa dan warna.

6. Pandangannya kabur dan tidak menentu, lenyap dalam ketiadaan, karena ia tidak melihat kenyataan. Ia tersesat dijalan penuh kesukaran, ia tidak tahu kesempurnaan dalam pengertian, arti sejati mengenai apa yang ditonton.

7. Keindahan tulisan ini (yaitu alam semesta yang tercipta) menimbulkan rasa rindu. Itulah tulisan hati, ungkapan dahsyat kehendak yang tidak berbeda dengan Dia sendiri. Manusia itu entah ia pergi ke Selatan atau ke Timur,

8. entah ke Utara atau ke Barat, entah ke atas atau ke bawah, Tuhan tidak dijumpainya. Bila Anda ingin menyelami kenyataan dengan cara yang tepat, selamilah lambangnya, yaitu dalam nama-nama Hyang Widi, dalam ungkapan kehendakNya yang tidak mengenal rintangan,

9. yang tidak menyimpang (tidak berbeda dengan) dari Dat Yang Maha Luhur yang berkuasa menciptakan dan meraja, pemerintahanNya lestari. Dialah tunggal tidak tercampur sesuatu yang lain. Kesucian Tuhan yang melihat segalanya

10. sempurna, tak berubah. Ia hidup dalam kemuliaan kehendakNya, kehendak itu tidak mempunyai hati (sebagai organnya). Terbakar oleh rasa rindu dalang mulia membuat gagasan, Ia ingin dilihat.

11. RahasiaNya diungkapkanNya lewat lambang-lambang. Rupanya Ia lalu terbagi, tetapi di luar Dia tak ada sesuatu. Lambang yang mulia itu menunjukkan tersembunyinya hakikat Ketuhanan sejati, utuh dalam kemurniannya yeng tak tercampur.

12. Ia disebut Kunhi dayat, namanya la ta'ayyun (tidak terinci), berasal pada dirinya sendiri. Ia ibarat seorang dalang yang mengalami ekstasis, tanpa wayang ia berbicara bagaikan orang yang mengigau. Ia tidak akan mementaskan sebuah lakon.

13. tetapi ceritanya sudah tamat dengan pernikahan serta bergurunya (para pelaku). Dia yang mengundang dalang itu belum datang, namun dalang sudah menerima upahnya. Sudah selesai namun belum dimulai. Ia telah memulai tanpa mencabut kekayon dari batang pisang.

14. Semua yang menyaksikan pertunjukan wayang merasa terpesona bila sang dalang sungguh pandai. Mereka terhanyut dalam menonton permainan sang dalang yang ulung.

15. Di pewayangan terasa ada kesunyian, namun gerak-geriknya ramai juga. Bunyinya gamelan seperti guntur, namun tak ada ketuk atau kecer, gender, rebab, suling, saron, gambang, kendang, kenong atau gong pun tidak kelihatan.

16. Orang mencari si dalang, namun ia tidak kelihatan. Pada saat ia mulai dan mempersiapkan wayang-wayangnya, pergelaran sudah selesai. Di mana gerangan si dalang? Para penonton merasa terkantuk.

17. Siapakah mengundangnya pada saat ia belum mempersiapkan wayang-wayangnya? Lakonnya ialah pengembaraan raja Jenggala mengitari bumi, namun Jenggala turut dan tidak tinggal jauh dari raja.

18. Inilah, adikku, suatu ungkapan simbolis mengenai ilmu tertinggi, pewartaan mengenai kebijaksanaan yang diselami sampai hakikat yang sejati. Bila mendengar perumpamaan mengenai dalang dan wayang supaya jangan salah paham mengenai apa yang kau tonton.

19. Arti ajaran luhur ini, adikku, ialah begini. Yang Mahasuci adalah dalang yang luhur. Ia menciptakan kita semua. Sebelum kita dilahirkan dari kandungan ibu kita.

20. Ia telah menentukan segialanya sehingga tak dapat diubah, kebahagiaan dan kecelakaan, hidup panjang atau pun pendek, kegagalan maupun keberhasilan, itu semua sudah dibagikan pada saat kita masih terdapat sendirian dalam rumah,

21. tersembunyi, diliputi oleh selubung dan tak kelihatan. Pada saat benih keluar, ceritanya sudah tamat. Tidak berlebihan, tidak berkekurangan, berkat kebijaksanaan Dia Yang Melihat segalanya.

22. Yang Maha Luhur itu ialah dalang yang mulia. Penampilan lahiriah, pembagian menurut golongan-golongan makhluk-makhluk materiel serta penampilan segala sesuatu yang ada, itulah wayang-wayang di kelir. Sang dalanglah yang menguasai lakonnya.

23. Dalang sejati juga sama dengan sang raja yang menguasai perbuatan semua makhluk yang hidup. Oleh Yang Agung diberi pewahyuan (hrf. tanda, petunjuk) mengenai takdir, alam dan tabiat manusia.

24. Raja itu berfungsi sebagai selubung bagi Yang Agung. Ia mengikuti takdirNya yang tertulis di “lokil makpul". Ia sendiri tidak berkuasa terhadap takdir, ia hanya dapat menyetujui lakonnya.

25. Kata-kata yang mengiringi lakon itu boleh diucapkannya sendiri. Tetapi raja tidak dapat mengubah nasib kawulanya, apakah direndahkan atau ditinggikan, disiksa atau dilimpahi anugerah.

26. Itu semua sudah ditakdirkan oleh Hyang Widi serta digerakkan. Sebelum digerakkan di kelir, sudah disusun menjadi sebuah lakon.

26. Apakah sang raja memberi ganjaran atau siksa, apakah ia menolak seorang atau memilihnya, melimpahkan anugerah atau membuangnya, menyelesaikan dengan cepat atau menunda, itu semua kehendak Dia yang Mahatahu.

27. Kehendak Tuhan tersembunyi di dalam hati sang raja. Dialah yang melaksanakan kehendak itu dan dengan demikian manunggal dengan Tuhan karena perbuatannya. Dengan mengawasi rakyatnya pandanganraja mencakup segala sesuatu sehingga itu nampak baginya dengan bantuan Yang Mahatahu.

28. Raja memeriksa rakyatnya seperti seorang dalang memeriksa wayang-wayangnya. Tak ada sesuatu yang terselubung atau tersembunyi. Perbuatan baik dan buruk setiap orang, besar atau pun kecil, itu semua dilihatnya.

30. Dengan demikian si dalang sungguh merupakan (gambaran sejati) sang raja. Raja itu wakil Sang Nabi, sang Nabi wakil yang Maha Agung. Bila kita memandang raja atau Nabi, kita seolah-olah memandang Yang Maha Agung.

31. Begitulah, adikku Kulawirya, arti mendalam mengenai ilmu tentang aspek lahiriah dalam agama hukum yang disampaikan oleh Sang Nabi. Mengenai ikhtisar aspek batin,

32. itu terdapat bila kita memandang diri kita sendiri. Dalang dan wayang, gamelan, kotak (untuk menyimpan wayang-wayang), batang pisang, kelir dan lampu

33. menjadi satu dalam satu wujud. Si Dalang adalah kehidupan sendiri, kehidupan halus. Yang dimaksudkan dengan kehidupan ialah budi; adapun budi ini ialahyang dimaksudkan dengan dalang yang mahatahu.

34. Perbuatan, gerak-gerik dan ucapan badan itulah arti sejati wayang-wayang. Badan mengalami peristiwa-peristiwa yang sudah ditentukan (lakon).

35. Sungguh menakjubkan, Yang Maha Agung menentukan saat rasa memasuki (badan). Rasa itu sebetulnya roh kudus, yang menyinari kehidupan wayang-wayang, lagu dan dialog dalam lakon.

35. Masuknya suksma ke dalam badan ialah masuknya dalang dalam wayang-wayang. Raga dan jiwa demikian manunggal, sehingga tidak lagi dapat dibedakan kedua unsurnya.

37. Pikiran hati diambil alih dan dituturkan oleh mulut, raganya yang berbicara, dengan kata-kata keras atau tenang. Bicaranya budi tak dapat didengar, hanya ragalah yang merasakannya.

38. Demikianlah kita, makhluk-makhluk dikuasai oleh budi, oleh kehidupan sendiri. Segala sesuatu yang kita alami ialah lakon pertunjukan wayang. Kita sendirilah tontonannya.

39. Penonton menjadi saksi mengenai segala sesuatu yang hidup. Baik buruknya badan bagi penonton yang melihat dengan saksama dan jauh sekitarnya bagaimana hidup itu menampilkan diri, hanya berwujud mengalami secara pasif skema peristiwa yang sudah pasti (lalakon).

40. Penonton tidak melihat sang dalang, hanya wayang-wayang yang bergerak dan berbicara. Rupanya merekalah yang berbicara, tetapi orang tidak melihat sang dalang yang menggerakkan wayang-wayang.

41. Demikianlah pandangan yang sempurna dan mendalam (mengenai wayang).

Di sini dihadapkan dua cara menonton wayang. Keduanya melihat dalam pertunjukan wayang itu lambang mengenai pertunjukan wayang ilahi, tetapi pada dua tahap yang berbeda-beda. Yang satu dalam kerangka agam hukum, yang lain menurut suatu ajaran esoteris. Yang satu melihat seluruh dunia sebagai suatu panggung yang luas, tempat berbagai golongan makhluk seperti wayang-wayang memainkan perannya. Mereka yang berhenti pada segi lahiriah tidak melihat, bagaimana mereka semua hanya merupakan piranti dalam tangan Sang dalang Ilahi. Menonton bagi mereka menjadi halangan dalam menemukan sang dalang.






* Sumber:  P.J. Zoetmulder, Manunggaling Kawula Gusti, Pantheisme dan Monisme Dalam Sastra Suluk Jawa, Cetakan kedua, 1991.

Description: Perumpamaan Wayang, Rating: 4.5, Reviewer: Jrink Hetfield, ItemReviewed: Perumpamaan Wayang
 
Please Wait ..
To Open!
The Page Is Being Loaded
link